-->

Full Width CSS

Artikel Terbaru

Subhanallah! Petai Raksasa Sepanjang 1.5 Meter Ditemukan di Malaysia

Subhanallah! Petai Raksasa Sepanjang 1.5 Meter Ditemukan di Malaysia
Subhanallah! Petai Raksasa Sepanjang 1.5 Meter Ditemukan di Malaysia
Media Sosial - Apakah anda menyukai petai? Meskipun bau nya agak menyengat tapi banyak orang yang suka buah petai. Ada yang langsung memakannya sebagai lalapan, ataupun dengan mengolah nya terlebih dahulu. Ada yang mengolah menjadi sambal, campuran nasi goreng, campuran sayur, dll.

Petai Raksasa

Tapi, pernahkah anda memakan buah petai yang beratnya sampai 4kg? Siapapun akan merasa heran karena biasanya berat 1 unting petai pun tidak sampai 500gr. Akan tetapi buah petai raksasa atau petai Gergasi (raksasa: Malaysia) benar benar ada ditemukan negara Malaysia.

Petai Gergasi atau yang disebut " Entada Phaseoloides"ini, memang mempunyai ukuran yang luar biasa, panjang satu unting saja bisa mencapai satu setengah meter, dengan berat buah mencapai 4kg. Petai Gergasi ini menurut salah satu surat Kabar Malaysia Star Minggu, ditemukan oleh salah seorang penduduk Malaysia di hutan Grik, wilayah Perak, Malaysia.

Petai Gergasi / Raksasa

Penemuan petai raksasa ini sempat membuat heboh negeri Jiran,  bahkan peristiwa ini menjadi headline news di sejumlah surat kabar Malaysia pada waktu itu. Walaupun begitu, buah yang hanya akan tumbuh di dalam hutan ini, menurut Malaysian Herbs : Goh Kong Ling, Entada Phaseoloides beracun walaupun tahap ketoksikan yang sebenarnya tidak diketahui. Walaupun beracun, tapi tidak sampai menyebabkan kematian. Sebaliknya, ia mungkin hanya menyebabkan gangguan pencernaan. Oleh sebab itu, beliau menganjurkan  untuk tidak makan Entada Phaseoloides ini.

Meski demikian, buah ini memiliki kandungan yang bisa dijadikan obat. Dan Liang berkata tidak lebih daripada 10 gram Entada Phaseoloides yang boleh digunakan walaupun untuk obat. Dan dengan resep dari doktor. Buah ini biasa berukuran 30mm diameter dan panjang hingga 1m. Satu unting biasanya memiliki 6 sampai 11 biji.


Sumber: Mrseru.com
Advertisement